Tips dan Trik Agar Processor Tidak Cepat Panas

Komponen-komponen elektronik seperti processor dapat menghasilkan panas yang berlebihan. Suhu processor yang tinggi mempunyai dampak buruk bagi processor itu sendiri, yaitu mengurangi masa pakainya. Hal ini harus cepat Anda tangani, apalagi jika Anda mempunyai processor yang cepat panas. Berikut tips dan Trik agar suhu processor tidak terlalu tinggi:

Thermal Grease
  1. Pada saat memasang heatsink ke processor, gunakanlah thermal grease berkualitas baik, dan pakailah secukupnya. Pemakaian yang berlebihan justru akan memperlambat proses perpindahan panas dari processor ke heatsink. Thermal grease adalah sejenis pasta yang terbuat dari silikon cair dan seng oksida, yang berguna untuk menghantarkan panas dari processor ke heatsink dengan baik.
  2. Gunakanlah heatsink berbahan tembaga dan mempunyai kipas, mengapa? Karena tembaga sangat baik dalam membuang panas. Mengapa harus ada kipas? Karena sebagus apapun heatsink tersebut, pasti punya batasan berapa maksimal panas yang dapat ditampungnya, dengan adanya kipas, panas dapat dibuang ke udara melalui kipas.
  3. Kita dapat menggunakan software pihak ketiga atau software bawaan dari vendor untuk mengatur kecepatan fan hingga maksimal, memang agak noise tapi dapat mendinginkan processor lebih baik.
  4. Bila anda punya dana lebih, anda dapat menggunakan water cooling sebagai pengganti heatsink biasa. Water cooling menggunakan media air sebagai pemindah panas, dan keuntungan menggunakan water cooling adalah pengopersian yang lebih sunyi dan membuang panas lebih baik daripada heatsink biasa.
  5. Jika Anda mau, Anda dapat menggunakan processor yang hemat listrik seperti intel atom, akhir-akhir ini para produsen processor berlomba-lomba untuk membuat processor hemat listrik. Semakin hemat listrik, semakin sedikit panas yang dihasilkan.
  6. Ubahalah perilaku anda dalam berkomputer, walaupun anda seorang gamer yang benar-benar betah di depan komputer berjam-jam, komputer merupakan alat elektronik yang mempunyai batasan dalam pengoperasiannya, dengan melakukan hal kecil ini anda dapat memperpanjang umur processor anda. Gampang dan mudah kan.
Itu dia tips dan trik yang bisa Saya berikan, semoga berguna bagi anda dalam merawat CPU, atau Anda ingin memberikan tambahan, langsung saja beri komentar pada artikel ini.

images source: wikipedia.com