Peringatan: Printer Bisa Membahayakan Kesehatan Anda

Pada waktu dulu, printer mungkin hanya bisa ditemukan di kantor-kantor saja, tetapi dengan berkembangnya jaman membuat printer semakin portabel dan harganya murah. Printer dapat dijumpai dengan mudah di rumah-rumah, Tetapi tahukah anda bahwa printer bisa membahayakan kesehatan?

Printer, terutama printer laser jet dapat memberikan dampak yang buruk bagi kesehatan kita. Bagaimana hal ini bisa terjadi? Pada saat bekerja printer memancarkan partikel-partikel berbahaya yang berasal dari toner atau catridge. Partikel-partikel berbahaya ini dapat mengakibatkan masalah kesehatan mulai dari iritasi pada sistem pernafasan hingga masalah kardivaskular dan kanker.
Ancaman kesehatan ini dipublikasikan oleh Profesor Lidia Marawska(International Laboratory for Air Quality and Health, Queensland University of Technology) dalam hasil studinya yang melibatkan 62 jenis printer. Emisi partikel yang berasal dari toner printer dapat masuk hingga kedalam paru-paru seperti asap rokok. Resiko yang ditimbulkan tentu akan semakin meningkat jika anda berada dekat dengan printer atau pada suatu ruangan yang sirkulasi udaranya tidak memadai. Faktor lain yang meningkatkan bahaya printer adalah usia toner itu sendiri, semakin baru usia toner/catridge, maka semakin tinggi emisinya. Penggunaan Toner yang semakin banyak juga meningkatkan emisinya.
Untuk menghindari bahaya ini, letakkanlah printer pada ruangan dengan sirkulasi udara yang baik dan jangan telalu dekat dengan printer saat printer beroperasi.

sumber: www.qut.edu.au

advertisement: