Cara Simpel Meningkatkan Grafik Laptop & Komputer Dengan Bantuan Software

Untuk dapat meningkatkan kualitas grafik sebuah komputer atau laptop, maka Anda bisa membeli graphics card baru yang lebih baik, namun bagi gamer yang berdana minim, maka solusi yang murah dan gampang adalah dengan cara mengoverclock kartu grafik. Untuk mengoverclock graphics card, kita memerlukan software yang tepat dan MSI Afterburner adalah salah satunya.

MSI Afterburner merupakan software untuk mengoverclock graphics card. Meskipun ada nama besar MSI pada software ini, bukan berarti software ini hanya mendukung graphics card merek MSI saja, tetapi juga graphics card merek lainnya, baik itu yang menggunakan chip nVIDIA maupun ATI/AMD.
MSI Afterburner memiliki interface yang baik, Anda dapat menemukan beberapa slider untuk mengganti core clock, shader clock, memory clock, dan kecepatan kipas dengan mengeser slider yang ada. Pada MSI Afterburner juga sudah terintergrasi sebuah benchmarking tool yaitu MSI kombuster.
MSI Afterburner memiliki beberapa fitur yang berguna bagi seorang gamer. Contohnya, Anda dapat mengambil screenshot ataupun mencapture video selama bermain game dengan menekan hotkeys tertentu. Selama bermain game informasi-informasi seperti clocks, voltage, fan speeds, frame rate dapat dimunculkan. Anda juga dapat menyimpan berbagai setting overclock Anda ke dalam 5 profile yang berbeda. Kipas juga dapat dikontrol secara otomatis sesuai dengan temperatur yang Anda inginkan. Setting overclock juga dapat diaktifkan pada awal start windows atau saat boot, sehingga graphics card Anda akan selalu dalam kondisi overclock. Software ini juga mendukung skin, sehingga jika bosan dengan tampilan yang itu-itu saja, Anda dapat mengganti dengan skin yang tersedia.
Perlu diingat! Janganlah mengoverclock graphics card Anda secara berlebihan, karena dapat menyebabkan panas yang berlebihan  bahkan terbakar. Oleh karena itu overclocklah pada batas yang wajar dan panas dapat ditanggung oleh kipas pendingin graphics card Anda, jika pun ingin mengoverclock secara lebih lagi, pastikan bahwa graphics card Anda memiliki sistem pendingin yang baik dan berkerja dengan optimal.
advertisement: