SpeedFan: Mengatur Kecepatan Kipas Komputer

free download speedfan
Setiap komponen elektronik menghasilkan panas. Panas ini disebabkan oleh aliran arus dalam komponen. Begitu juga dengan komponen-komponen yang ada di dalam komputer, kita tetap harus menjaga suhu komputer tetap dingin. Bila tidak maka akan mengakibatkan turunnya performa dan kestabilan komputer kita, bahkan bisa membuat komputer mati tiba-tiba karena panas yang berlebih.

Semua komputer dan laptop dilengkapi dengan kipas pendingin agar menjaga suhunya dalam batas normal, namun dengan intensitas dan lamanya penggunaan komputer maka kecepatan kipas pendingin komputer kita tidak bisa mengantisipasi panas yang berlebih yang dihasilkan komputer.
Namum jangan kuatir kita bisa meningkatkan kecepatan kipas pendingin komputer dengan bantuan software pihak ketiga yaitu dengan SpeedFan. SpeedFan adalah program yang memonitor tegangan, kecepatan kipas dan suhu di komputer. SpeedFan bahkan dapat mengakses S.M.A.R.T. Info dan menampilkan suhu hard disk. SpeedFan dapat mengakses sensor suhu dan dapat mengubah kecepatan kipas komputer, sehingga mengurangi kebisingan. SpeedFan dapat dijadikan alarm yang akan mengingatkan kita kalau suhu processor kita terlalu panas.
Namun kita perlu bijak dalam mengunakan program ini, karena program ini langsung berhubungan dengan hardware dan mengontrolnya, ketidakstabilan sistem bisa saja terjadi, gunakan program ini dengan resiko yang Anda tanggung sendiri. Tidak ada program yang sempurna. Oleh karena itu bijaklah, walaupun kita bisa meningkatkan kecepatan kipas, namun heatsink dan kipas mempunyai batas dalam menangani panas. Pilihan untuk mengupgrade sistem pendingin yang lebih baik bisa menjadi pertimbangan. Oke, silakan mendownload software ini melalui link di bawah.
advertisement: