8 Peripheral Komputer Yang Aneh Yang Pernah Dibuat

Saya adalah seorang gamer, keyboard dan mouse menjadi alat input untuk bermain game yang paling sering saya gunakan. Namun ketika saya bermain game Street Fighter atau Resident Evil 6 bersama teman saya, maka tentu lebih nyaman kalau kita menggunakan kontroler atau gamepad. Nah beberapa perusahaan berusaha menciptakan gamepad untuk memenuhi kebutuhan bermain game kita, beberapa gamepad berhasil memberikan pengalaman bermain yang baik, namun gamepad lainnya terkesan aneh, dan justru tidak ergonomis. Oke, berikut ini adalah 8 peripheral yang aneh:
Titan Sphere
Titan Sphere adalah sebuah gamepad buatan Second Generation Research Laboratories. Pada dasarnya bentuknya mirip gamepad normal dan terbagi menjadi dua bagian, kedua bagian ini terhubung oleh sebuah silinder dengan sendi yang memungkinkan kedua bagian bergerak. Intinya gamepad ini dibuat agar memberikan kenyamanan pada pengguna, kontroler ini juga bisa dipangku. Kontroler ini dibanderol dengan harga yang cukup tinggi yaitu $ 129,99.
iGrip Ergonomic Keyboard And Trackball
Melihat bentuknya saja sudah membuat kita bingung, penuh dengan tombol-tombol di seluruh bagian kontroler. Kontroler ini sebenarnya adalah perpaduan dari keyboard, mouse dan game pad. Jadi kamu tidak butuh periheral lainnya. iGrip mengklaim kita bisa mengetik lebih dari 50 kata per menit, namun kenyataannya tidak. Harga dari kontroler ini dipatok pada $ 130, cukup mahal.
OCZ Neural Impulse Actuator


Kontroler ini digadang-gadang memungkinkan kita bermain game dengan kekuatan pikiran, namun pada dasarnya kontroler ini justru di kontrol berdasarkan gerakan-gerakan otot di wajah kamu daripada sinyal saraf murni. Alih-alih melemparkan granat dengan mengklik tombol kiri mouse, kamu dapat melakukan hal yang sama dengan menunjukkan ekspresi marah. Sisi negatif dari penggunaan kontroler ini selama bertahun-tahun adalah dapat menyebabkan penuaan dini pada wajah dan sakit kepala. Kebayang tidak kamu harus marah-marah hanya untuk melemparkan granat :p

Safetype Keyboard


Keyboard aneh yang satu ini tidak seperti keyboard biasa lainnya. Keyboard ini membuat kamu dapat mengetik dengan posisi tangan vertikal sehingga lebih nyaman dan ergonomis. Hal ini dapat dilakukan karena disain dari keyboard itu sendiri yang dibuat menjadi dua bagian dengan posisi vertikal. Namun tentu saja menjadi sulit bagi orang yang baru belajar mengetik, karena kita tidak bisa melihat posisi tangan kita dan untuk mengatasi itu SafeType menambahkan cermin berbentuk spion, agar kamu bisa melihat apa yang kamu ketik.
Raildriver Train Cab Controller

 
Sebuah perusahaan bernama RailDriver membuat kontroler simulator kereta api dengan empat tuas, tiga puluh empat tombol yang dapat diprogram dan display LED yang menampilkan kecepatan kereta api Kamu! Jadi jika kamu memang cinta mati dengan game simulasi kereta api, dan ingin mendapatkan pengalaman gaming yang lebih nyata lagi, maka kontroler ini bisa menjadi pilihan. Tapi sebagai informasi, harga kontroler ini adalah $ 199,95.

orbiTouch

orbiTouch pada dasarnya adalah keyboard, perangkat ini terlihat sangat futuristik walaupun mirip alat pijat kaki :p. Setiap sisi perangkat memiliki kubah geser yang dapat pindah ke salah satu dari delapan posisi, dan kombinasi dari posisi masing-masing kubah menentukan huruf apa yang diketik.

Pencipta orbiTouch mengatakan dapat mengelola hingga 38 kata per menit setelah 15 sampai 20 jam penggunaan. Perangkat ini sangat berguna bagi orang-orang yang memiliki kebutuhan khusus.

Force Dynamics 401
Akhir-akhir ini begitu banyak game-game balap diluncurkan dengan rasa simulasi, walaupun ditampilkan dengan visual dan efek suara yang mumpuni, namun agak kurang sedap rasanya jika tanpa menggunakan kontroler yang sesuai. Disinilah Force Dynamics 401 hadir memenuhi keinginan kamu.

Perangkat aneh ini terdiri dari tiga display lengkap dengan kursi pengemudi yang bisa bergerak dengan bantuan sistem hidrolik yang mensimulasikan gerakan kendaraan. Berita buruknya perangkat ini bisa di bawah ke rumah dengan harga lebih dari $ 100.000. Biaya segitu mah bisa untuk beli mobil baru hehehe..


Peregrine Gaming Glove
Beberapa perusahaan berusaha kreatif dengan menciptakan sarung tangan gaming dan salah satunya adalah Peregrine. Alih-alih menggunakan tombol, sarang tangan ini menggunakan sensor untuk membaca gerakan tangan. Namun sarung tangan ini tidak praktis dan tidak nyaman. Bisa bayangkan kamu mengepalkan tanganmu dan memukulnya ke udara untuk mengontrol permainan? Pasti akan terlihat seperti konyol :p. 

Referensi:
  • http://en.wikipedia.org/wiki/Neural_Impulse_Actuator
  • http://www.digitaltrends.com/computing/10-weirdest-computer-peripherals-ever-made/
advertisement: