Fungsi Captcha Adalah? Sedikit Curhat :p

Captcha adalah

Siapa yang tidak kenal spam? Teman-teman blogger pasti sudah sering menghadapi yang namanya spam ini. Spam sudah lama menjadi masalah dalam internet. Mereka merajalela dimana-mana, syukurnya di blog ini belum :p. Nah, agar spam dapat berkerja, para spammer membuat mesin-mesin pengirim spam yang disebut juga dengan Spambot. Spambot ini berkerja terus-menerus menyebarkan pesan sampah di semua layanan internet. Untuk mengurangi aktivitas penyebaran spam di dunia internet maka diciptakanlah CAPTCHA (Completely Automated Public Turing Test to Tell Computers and Humans Apart). Captcha adalah sebuah tes yang digunakan untuk membedakan antara manusia dan spambot, fungsi Captcha adalah untuk mencegah sebuah spambot untuk mengirim pesan sampah ataupun mendaftar pada sebuah account melalui sebuah tes.

Fungsi Captcha terlihat ketika teman-teman mendaftar sebuah account di sebuah website, pada akhir form pendaftaran sering kita temukan uji sederhana, yakni memasukkan rangkaian huruf angka atau kombinasi keduanya yang sesuai dengan gambar. Nah, untuk manusia tes ini mungkin saja mudah untuk diselesaikan, namun tidak dengan spambot meskipun spambot tersebut sudah dilengkapi dengan teknologi OCR (Optical Character Recognizer). Apabila teks yang diketik pas dengan objek yang tertera pada image, maka Anda Manusia.
Bila kita lihat, kebanyakan besar Captcha adalah tes visual, walaupun ada juga saya temukan tes berupa memilih jawaban atau memecahkan soal, menggunakan suara dan juga audio. Komputer lebih sulit mengelolah data visual, namun tidak dengan manusia. Manusia dapat melihat gambar dan menemukan sebuah pola di dalamnya secara lebih cepat dan lebih mudah dibandingkan komputer. Sedikit curhat yah :p, kadangkala saya menemukan Captcha yang kelewat sulit untuk dipecahkan ketika mendaftar di suatu website. Gambar yang ditampilkan penuh dengan distorsi dan bentuk yang aneh, udah gitu gak jelas lagi, saya sampai gagal tiga kali memecahkannya, namun fungsi captcha yang memang begitu hehehe, top deh buat yang ngedesainnya. Harapannya sih captcha itu didesain agar gampang bagi manusia dan sulit bagi spambot. Nah, sudah tahu kan apa yang dimaksud dengan Captcha berserta fungsinya. semoga perkembangan Captcha semakin lebih baik lagi untuk mempersulit gerak-gerik spambot.

Referensi:
–  http://id.wikipedia.org/wiki/CAPTCHA

advertisement: