Antivirus Untuk Windows Phone 8? Apakah Perlu?

Windows Phone 8 Logo
Kita sebagai pengguna smartphone windows phone tentu takut akan berbagai serangan virus ataupun malware yang bisa menyerang smartphone kita kapan saja, apalagi jika melihat dari perkembangan yang ada, dari hari ke hari semakin banyak saja orang yang menggunakan smartphone windows phone. Hal ini membuat windows phone semakin rentan dan menjadi sasaran empuk oleh para pembuat virus. Namun nyatanya ketika saya mencari apakah ada aplikasi antivirus untuk windows phone 8 di store, saya tidak bisa menemukannya.
Biasanya serangan virus atau malware dan kode jahat lainnya bisa terjadi karena kita dengan sengaja menginstal aplikasi bajakan yang telah disusupi virus dan kode jahat. Virus dan kode jahat ini memiliki berbagai tujuan contohnya seperti mengambil data-data pribadi pengguna. Di windows phone kita tidak bisa menggunakan aplikasi bajakan, karena semua aplikasi hanya bisa didownload pada windows phone store. Microsoft juga melakukan pengecekan berkala terhadap berbagai aplikasi yang beredar di windows phone store. Jika ada seseorang memasukkan virus pada aplikasinya, maka microsoft akan menolak aplikasi tersebut.
Memang tidak ada satupun antivirus untuk windows phone 8 yang tersedia dan kehadiran antirvirus tidak terlalu dibutuhkan di windows phone. Mengapa? Pertama, karena di windows phone seluruh aplikasi berjalan pada mode sandbox. Hal ini membuat berbagai aplikasi tidak bisa berhubungan satu sama lain. Begitu juga dengan dengan data yang dihasilkan dan simpan oleh aplikasi juga berada dalam model sandbox dan tidak bisa diakses oleh aplikasi lain. Jadi, tidak mungkin antivirus bisa meng-scan aplikasi dan data aplikasi lainnya. Hanya data-data tertentu saja yang bisa diakses.
Kedua, operating system windows phone hanya bisa diubah dengan OTA (over-the-air) update langsung melalui server microsoft yang aman. Jadi, tidak ada cara bagi virus ataupun kode jahat bisa mengakses secara langsung pada inti dari sistem itu sendiri. Semua aplikasi yang Anda instal memiliki area memorinya sendiri. Memori yang berada dalam model sandbox ini tidak bisa diakses oleh aplikasi lain dan aplikasi yang Anda instal tidak dapat melakukan perubahan pada operating system windows phone. Hal inilah yang membuat smartphone windows phone terlindungi dan aman dari serangan virus.
Yang Terakhir yang ingin saya katakan adalah tidak ada hal yang benar-benar aman! Faktanya ada beberapa orang yang berhasil melakukan jailbreak pada smartphone windows phone dan menginstal aplikasi bajakan. Mereka harus sadar ada resiko yang harus di tanggung sendiri atas perbuatan itu. Para pengguna juga harus bijakasana dalam menggunakan smartphone. Jangan mengunjungi situs-situs yang tidak jelas dan berbahaya, jangan juga menginstal aplikasi-aplikasi yang tidak jelas asalnya atau mencurigakan. Semoga artikel ini berguna bagi para pengguna smartphone windows phone. Jika ada yang ingin Teman tanyakan, tambahkan, atau ingin berdiskusi, silakan berkomentar.
advertisement: