Bagaimana Cara Enable/Disable Fast Startup Pada Windows 8

Windows 8 memiliki banyak sekali fitur-fitur baru dan perbaikan. Salah satu fitur yang terdapat di Windows 8 adalah Fast Startup atau bisa juga disebut dengan hybrid boot atau hybrid shutdown. Anda bisa merasakannya sendiri, bahwa waktu booting Windows 8 terasa begitu cepat jika dibandingkan dengan Windows 7. Fast Starup adalah salah satu fitur di Windows 8 yang berguna agar komputer Anda bisa lebih cepat booting setelah shutdown. Berbeda dengan hibernate biasanya, Fast star-up bekerja dengan hanya menyimpan system information ke dalam sebuah file (hiberfil.sys). Ketika Anda menghidupkan komputer lagi, maka Windows 8 menggunakan file system information tadi untuk booting daripada harus melakukan cold boot dan memulai semuanya dari awal.

Perbandingan Cold Boot dengan Fast Startup

Dengan menggunakan teknik ini, maka waktu booting akan menjadi lebih singkat karena membaca hiberfile dan penginisialisasi driver jauh lebih cepat pada kebanyakan sistem (30-70% lebih cepat pada kebanyakan sistem yang diuji). Jika Anda memiliki motherboard yang menggunaka UEFI, maka Fast starup bisa lebih cepat lagi.
Untuk mengubah pengaturan Fast startup pada Windows 8, silakan buka control panel lalu pilih power option. Setelah itu klik dan pilih “Choose what the power button do” pada bagian sidebar dan scroll ke bawah dan Anda akan melihat fast startup berada dalam posisi dichecklist.



Silakan checklist kotak fast startup apabila belum terchecklist.



Yang perlu Anda ketahui, Fast Startup Tidak berlaku untuk Restart. Fast Startup juga diaktifkan secara default oleh windows 8.
advertisement: