Bagaimana Cara Mengatur Kecepatan Kipas Laptop & Komputer

Saya sebenarnya cukup bingung kenapa orang mau mengatur kecepatan kipas laptop, padahal kecepatan kipas pada laptop dan komputer sudah dirancang sedemikian rupa agar berjalan otomatis menyesuaikan dengan keadaan suhu pada komponen laptop atau komputer tersebut. Yah, mungkin saja beberapa orang tidak suka dengan bisingnya bunyi kipas yang berputar pada laptopnya ataupun mungkin merasa laptopnya terlalu panas, sehingga kecepatan kipas yang harus ditingkatkan hingga maksimal.

Apapun tujuan Anda mengatur kecepatan kipas, Anda harus mengingat bahwa ada resiko yang harus ditanggung. Membuat kipas berkerja dalam kecepatan maksimum akan mempendek usia pakai dari kipas tersebut. Mengurangi kecepatan kipas hanya karena suara bisingnya, bisa saja membuat komponen laptop atau komputer Anda overheating. Oleh karena itu perlu dilihat apa penyebab utamanya kenapa kipas bekerja tidak maksimal, apakah karena banyak debu yang menempel, atau bisa jadi Anda terlalu lama menggunakan laptop Anda. Jika memang kurang, Anda bisa mengganti kipas pendingin Anda dengan yang lebih mumpuni.
Oke, jika Anda tetap ingin mengetahui cara mengatur kecepatan kipas laptop dan komputer, maka saya akan memberikan infonya kepada Anda. Tapi ingat, saya sudah menjelaskan resikonya di awal. Berikut ini ada 3 cara untuk mengatur kecepatan kipas laptop dan komputer:

1. Pertama, dengan menginstall aplikasi pengontrol kecepatan kipas.

Anda bisa menginstal SpeedFan! Dengan SpeedFan, Anda bisa mengontrol semua kipas yang terdapat pada laptop atau komputer Anda. SpeedFan adalah program yang memonitor tegangan, kecepatan kipas dan suhu di komputer. SpeedFan bahkan dapat mengakses S.M.A.R.T. Info dan menampilkan suhu hard disk. SpeedFan dapat mengakses sensor suhu dan dapat mengubah kecepatan kipas komputer, sehingga mengurangi kebisingan. SpeedFan dapat dijadikan alarm yang akan mengingatkan kita kalau suhu processor kita terlalu panas.

 2. Kedua, dengan mengubah setting pada BIOS
Biasanya motherboard memiliki pengaturan kecepatan kipas pada BIOS nya, walaupun tidak selengkap SpeedFan. Untuk mengubah dan masuk pada setting BIOS, Anda biasanya cukup menekan tombol delete pada keyboard. Lalu carilah pengaturan kipas pada BIOS. 
3. Ketiga, dengan memasang pengatur kecepatan kipas eksternal.
Cara ini memang membutuhkan sedikit biaya. Biasanya alat ini berbentuk kotak yang terdiri dari knob-knob yang berguna untuk mengatur kecepatan kipas secara manual. Alat ini biasanya dipasang pada drive bay.
Oke, itu tadi solusi yang bisa saya berikan, menurut saya cara yang paling gampang dilakukan adalah dengan menggunakan aplikasi pengontrol kecepatan kipas, namun jika para pembaca memiliki solusi yang lebih baik, jangan malu-malu untuk berkomentar di kolom komentar.
Sumber & Gambar: lifehacker.com
advertisement: