3 Software Pencari Driver yang Gak Pakai Repot

Driver sangat diperlukan agar hardware dapat bekerja dengan maksimal. Nah, biasanya kalau kita menginstal ulang komputer atau laptop, kita juga harus menginstal driver yang sesuai dengan operating system kita. Syukur-syukur kalau kita punya backup dari driver yang harus diinstal, kalau tidak punya bagaimana? Dan bahkan kita yang beli laptop baru saja, kada kala tidak mendapat CD driver. Bagi pengguna laptop, jika tidak ingin menggunakan software, maka Anda bisa mencari driver secara manual, silakan baca “Ini Dia Kumpulan Website Tempat Download Driver Laptop.”
Kalau memang tidak punya drivernya, cara mencari drivernya bisa teman-teman lakukan dengan mencarinya pada website official dari produsen hardware. Namun bagi beberapa orang tentu saja sangat merepotkan untuk mencari satu-persatu driver dari berbagai website produsen hardware. Oleh karena itu kita bisa menggunakan software pencari driver. Berikut ini adalah beberapa software pencari driver yang bisa Anda download, yang pastinya gratis:

1. DriverPack Solution

DriverPack Solution adalah sebuah software pencari driver otomatis yang paling populer digunakan. Ketika Anda menggunakan program ini, maka proses instalasi driver akan berjalan otomatis. User interface dari software ini juga gampang dimengerti. Software ini berjalan pada Windows 8.1 / 8 / 7 / Vista / XP baik 32-bit ataupun 64-bit. Software ini terdiri dari dua versi, pertama versi DriverPack Full yang berukuran 9Gb berbentuk file iso dan tidak perlu koneksi internet lagi, yang kedua adalah DriverPack Online yang berukuran 10Mb yang harus terhubung ke internet untuk mencari driver. Pilih sesuai dengan kebutuhan Anda! Di bawah ini saya berikan link downloadnya.

2. Driver Booster 2 Free

Berikutnya adalah Driver Booster 2 Free, yah software ini juga berguna untuk mencari driver secara otomatis. Software ini mencari driver yang sudah outdate ataupun yang rusak, lalu mencarinya di dunia internet. Software ini mendukun Windows 2000 / XP / Vista / 7 / 8 / 8.1. Software ini memiliki fitur backup, jadi jika misalnya driver yang baru diinstal justru tidak stabil, maka Anda bisa kembali ke driver yang lama. Software ini berukuran 10,7mb dan berikut ini saya berikan link downloadnya yah.



3. SlimDrivers

SlimDrivers adalah software untuk mengupdate driver secara otomatis dengan fitur real-time scanning dan mengunakan teknologi cloud. SlimDrivers berkerja dengan meng-scan PC, mengidentifikasi driver yang benar dan diperlukan, lalu mengunduhnya dari cloud. 

Nah, itu tadi 3 program pencari driver yang gratis, cukup 3 saja yah, gak perlu banyak-banyak, karena program yang di atas ini menurut saya yang paling banyak digunakan dan gratis. Dengan program diatas, kamu juga bisa mengupdate driver-driver lawas kamu. Walaupun lebih ringkas dan gampang menggunakan software pencari driver. Namun mendownload langsung driver dari website produsen tetap menjadi pilihan yang terbaik, karena para produsen biasanya memberikan tweaking-tweaking khusus pada driver yang bisa meningkatkan kemapuan hardware. Oke itu saja dulu, kalau memang ada program lain yang lebih bagus, maka akan saya tambahkan ke list ini.