Pengalaman Mendapat Pesan “Error: Unable to find a bootable option. Press any key to shut down.” di Lumia 520

"Error: Unable to find a bootable option. Press any key to shut down."
neowin.net
Ketika pertama kali menggunakan smartphone Windows Phone, saya langsung jatuh hati terhadap Operating System ini. OS ini begitu ringan, simpel dengan user interfacenya yang khas. Yah, walaupun jumlah aplikasinya masih kalah dengan Android.
Beberapa hari yang lalu saya mendapatkan sebuah pesan error pada Nokia Lumia 520 saya. Inilah pesan errornya: “Error: Unable to find a bootable option. Press any key to shut down.” Praktis, smartphone saya tidak bisa digunakan sama sekali. Setiap kali dihidupkan, smartphone saya selalu menampilkan pesan error di atas, dan yang bisa saya lakukan hanya mematikan smartphone saja, Sedihnya
Saya akhirnya mencoba mencari info di dunia maya mengenai masalah yang saya alami dan bagaimana cara memperbaikinya. Setelah mengunjungi beberapa website dan forum, maka saya menyimpulkan bahwa masalah yang saya alami ini adalah masalah hardware, kemungkinan ada kerusakan di motherboardnya dan tindakan flashing tidak bisa memperbaiki smartphone saya.
Saya juga mencoba membawa smartphone saya ke Nokia Care Center dan mendapat penjelasan bahwa memang benar hardware smartphone saya rusak. Saya mendapat info dari costumer service, bahwa smartphone saya perlu dikirim ke NCC pusat dan memerlukan waktu selama 3 minggu untuk diperbaiki, dalam hati lama amat. Itu pun dengan biaya yang belum diketahui, tergantung kerusakan hardwarenya.
Karena saya sudah mengunjungi beberapa website dan forum sebelumnya, maka saya mendapatkan gambaran berapa biaya perbaikan, kemungkinan akan sebesar lima ratus ribu rupiah. Melihat lamanya waktu perbaikan dan besarnya biaya perbaikan, maka saya memutuskan menerima keadaan ini. Smartphone saya sudah tidak bisa diselamatkan. Untungnya saya sudah back-up data-data saya.
Di berbagai forum dan website yang saya kunjungi, saya menemukan info bahwa kebanyakan lumia yang mengalami masalah ini adalah Nokia Lumia 520, kelas entry level. Saya juga menemukan info bahwa ada orang yang berhasil mengatasi masalah error ini dan bisa membuat lumia nya berfungsi kembali, namun cara yang digunakan cukup sulit buat orang biasa seperti saya, menyangkut hal solder-solderan dan menggunakan tool tambahan pula, yang harganya juga tidak murah. Sedihnya, pokoknya pasrah deh.
Itu pengalaman saya mengenai pesan error ini, semoga teman-teman tidak mengalami hal seperti yang saya alami. Saran saya gunakan lah smartphone sewajarnya, jangan anggap remeh goncangan-goncangan yang Anda buat pada smartphone, begitu juga dengan kelembapan, semua itu bisa saja mengakibatkan kerusakan pada hardware.
advertisement: