Wow, Robot 12 Gram ini bisa Menyeret Beban Hingga 24 Kg

Woww, itu satu kata yang bisa saya katakan melihat kemampuan dari robot ini, okelah desainnya memang tidak seperti robot gundam :p, tapi jika melihat kemampuannya yang bisa menyeret beban yang berkali-kali berat badannya, tentu luar biasa sekali bukan ?
Robot-robot ini dibangun oleh insinyur mekanik dari California Stanford University. Robot-robot ini memang bertubuh kecil, namun memiliki kekuatan yang sangat besar. Contohnya, salah satu robot memiliki berat hanya 9 gram, namun bisa menarik benda-benda dengan berat lebih dari satu kilogram. Bahkan robot yang lebih kecil dengan berat 20 miligram, yang dirakit dengan bantuan mikroskop, dapat mengangkut beban hingga 500 miligram. Dan yang paling mengesankan, adalah robot yang bernama ╬╝Tug dengan berat hanya 12 gram bisa menyeret beban hingga 24 kg. Gila ‘kan! 
Setiap robot didisain dengan dua elemen untuk menunjang kemampuan uniknya. Pertama, setiap robot memiliki kaki seperti kaki tokek yang memiliki pegangan kuat pada permukaan. Kedua, gerakan dari robot ini meniru gerakan dari inchworm atau ulat.
Robot meletakkan kaki belakangnya yang mirip kaki tokek pada permukaan datar, lalu mendorong tubuhnya ke depan mirip dengan gerakan maju sebuah ulat dengan membawa beban di belakangnya. Lalu dari mana kekuatan super itu berasal? Kekuatan itu berasal dari kaki mereka, yang menggunakan paku kecil yang dapat menempel kuat pada lantai dan dinding, sehingga bisa memindahkan beban yang sangat berat. Untuk informasi lebih lengkap, dan detailnya silakan kunjungi link di bawah ini.

advertisement: