Mencari Driver Hardware Yang Tidak Terdeteksi

Komputer.co.id – Komponen disetiap komputer pasti membutuhkan yang namanya driver, karena driver yaitu sebagai suatu pengenal antara hardware dengan sistem komputer. Terkadang ada juga beberapa dari driver yang tidak di tedeksi oleh sistem komputer.

Pernah suatu ketika IT Newbie selesai instalasi komputer dan membutuhkan driver, namun apa yang terjadi drivernya ada yang tidak di kenal, bahkan sempat bingung karena merk dari computer yang tidak diketahui. Hampir sejam mencoba install-uninstall driver yang ada, namun tidak membuahkan hasil, yang ada kami pusing sendiri otak-atik, oprak sana-oprak sini mencari driver yang cocok, namun tetap saja nihil hasilnya.

Dari banyaknya hardware yang menyusun sebuah komputer, kita tidak perlu menginstall manual semuanya. Karena sebagian besar sudah dapat di handle oleh driver bawaan dari sistem operasi yang telah kita install. Dari banyaknya driver hardware yang ada, menurut kami ada beberapa driver yang harus atau penting untuk diinstall, diantaranya adalah drver VGA, LAN, Wi-Fi, Chipset, Audio, Touchpad (jika pada laptop), dan juga Bluetooth jika ada. Jika kita membeli laptop baru, biasanya sudah diberikan CD drivernya, atau kalau CD drivernya hilang, dapat mendownloadnya langsung dari situs resminya, atau juga dapat menggunakan aplikasi pihak ke tiga, misalnya seperti driver pack Solution.

cara-mencari-driver-yang-tidak-terdeteksi-windows-7

Dengan demikian driver merupakan komponen yang sangat penting, namun terkadang ada beberapa driver yang tidak terdeteksi oleh sistem komputer. Oleh karena itu, kita harus mencari dan menginstall sendiri driver yang cocok. Masalahnya yang pernah kami hadapi adalah ketika driver yang kami pasang tidak terdeteksi ditambah CD driver bawaan laptop kami pun sudah tidak ada. Hal ini cukup membingungkan bagi kami. Karena kami tidak tahu nama dari driver yang harus kami cari. Dan ternyata langkah-langkah mencari hardware yang tidak terdeteksi itu pun cukup mudah.

Langkah-Langkah Mencari Driver Hardware yang Tidak Terdeteksi

  1. Masukkan ke device manager, dengan cara klik kanan my computer, kemudian pilih properties dan selanjutnya klik device manager. Dapat juga dengan menggunakan shortcut (windows + R), dan ketikkan msc lalu tekan enter.
  2. Pada bagian ini akan ditampilkan semua perangkat hardware yang terpasang di computer, apabila ada driver yang sudah dipasang, namun tidak terdeteksi oleh sistem komputer, maka pada bagian hardware yang bermasalah aka nada tanda seru warna kuning.
  3. Langkah selanjunya yang harus dilakukan untuk menangani masalah tersebut adalah klik kanan pada icon hardware yang terdapat tanda serunya, kemudian pilih properties. Selanjutnya akan ditampilkan kotak dialog dengan beberapa menu seperti general, driver detail, dan juga resources. Pilih pada menu details dan pada bagian property, ganti sub menu nya menjadi hardware ids.
  4. Langkah selanjutnya adalah klik kanan pada nama kode paling atas, dan kemudian copy.
  5. Kemudian buka situs devid.info lalu pastikan kod yang sudah kita copykan tadi ke sana, Dan kemudian search.
  6. Setelah itu akan ditampilkan hasil dari pencarian berupa driver yang tadinya tidak terdeteksi oleh sistem komputer. Kemudian langkah berikutnya hanyalah tinggal download dan install drivernya saja.
  7. Seharusnya jika sudah sampai pada tahap ini, hardware sudah bisa digunakan dengan baik dan optimal karena drivernya pun sudah terinstall dan sudah dikenal oleh sistem komputer.

Sekian dulu informasi yang dapat kami bagikan untuk anda. Semoga dapat membantu yang sedang mengalami masalah serupa. Terimakkasih.

advertisement: