3 Tips Mengatasi Anak Yang Kecanduan Gadget

Komputer.co.id – Bagi anak usia dua tahun keatas, waktu pemakaian gadget yang disarankan cuma satu hingga dua jam dalam sehari. Namun kenyataannya, mudah sekali ditemui anak yang menghabiskan waktu mereka dengan gadgetnya.

Padahal apa yang mereka lakukan di gadget tersebut bermanfaat untuk mereka. Maka dari itu, DR. Kristy Goodwin selaku pakar perkambangan anak mengungkapkan, membangun hubungan yang sehat antaran anak dan gadget sangat perlu dilakukan.

“Anak-anak seringkali melampaui kemampuan teknis orang tuanya. Bahkan mereka sudah belajar menggesek, menyadap serta mengoperasikan gadgetnya sebelum belajar memegang pensil, mengikat tali saepatu hingga naik sepeda,” ungkap Goodwin seperti yang kami kutip dari laman detik.com, Jumat (9/12/2016).

Karena teknologi kian hari kian maju, situasi seperti itu pun menimbulkan dilema bagi orang tua, pasalnya mereka juga harus mengupdate keterampilannya agar tak ketinggalan dengan sang anak.

Maka dari itu, berikut ada beberapa hal yang harus dilakukan orang tua agar anaknya tidak lagi kecanduan gadget sebagaimana yang diungkap oleh Goodwin.

  • Buatlah batasan waktu

Goodwin terus mendorong orang tua agar tegas menerapkan waktu bagi anaknya, bila ayah dan ibu ingin membuat batasan sehat untuk penggunaan teknologi terhadap anaknya.

  • Gunakanlah gadget dengan baik dan benar

Jangan pernah pergunakan gadget sebagai suap kepada anak. Pasalnya, kita ingin anak-anak tahu teknologi itu adalah alat, bukan mainan. Gadget digunakan sesuai fungsinya, bukan hadiah, anak lebih mungkin menciptakan hubungan yang sehat.

  • Jauhkanlah gadget pada waktu tertentu

Goodwin menyarankan agar menjauhi gadget pada waktu tertentu. Apalagi ketika tidur siang dan tidur malam, paparan dari gadget bisa menghambat produksi melatonin tubuh, itulah sebabnya anak dan orang tua menjadi sulit tidur.