Spotify Gagal Akuisisi SoundCloud, SoundCloud Terancam Bangkrut

Komputer.co.id – Beberapa waktu lalu sempat heboh berita bahwa aplikasi musik streaming Spotify berencana untuk meminang SoundCloud. Dan pada September 2016 kemarin, perusahaan itu sudah memasuki proses negosiasi.

 

Sayangnya, rencana itu gagal ditengah jalan. Pasalnya, menurut Spotify akuisisi tersebut akan berdampak negatif saat mereka terjun ke pasar saham.

 

Menurut sumber internal Spotify pun membenarkan kabar itu. Menurutnya, bila akuisisi tetap terjadi, maka tentu ber-efek besar, terutama untuk saham Spotify.

 

“Kami tidak butuh hal yang membuat runyam, terutama kami ingin masuk ke pasar saham,” ujar sumber yang tidak ingin disebutkan namanya sebagaimana yang kami kutip dari laman Liputan6.com, Sabtu (10/12/2016).

Walaupun tidak jelas, pernyataan tersebut merujuk ke SoundCloud yang memang didominasi oleh para pengguna.

 

Sebagaimana yang kita ketahui, para musisi mengaransemen ulang lagu musisi besar. Bila dilanjutkan, maka lagu-lagu tersebut akan menjadikan Spotify membayar dana hak cipta dua kali lipat ke perusahaan rekaman terkait.

Biaya ini dinilai kurang sehat untuk Spotify, apalagi mereka ingin masuk kedalam pasar saham. Apalagi perusahaan yang bermarkas di Swedia ini sudah mendapatkan pinjaman senilai US$ 1 miliar atau bila dirupiahkan Rp.13.3 triliun pada bulan Maret 2016 kemarin. Dana tersebut rencananya akan digunakan oleh Spotify untuk terjun ke pasar saham pada tahun 2017 nanti.

Dan akuisisi itu dikatakan malah akan menguntungkan SoundCloud, pasalnya mereka dikatakan akan menjadi layanan music streaming paling tertinggal ketimbang layanan sejenis lainnya.

 

Langkah SoundCloud untuk menghadirkan layanan berbayar dianggap tidak berhasil menarik perhatian para penggunanya. Layanan yang dinamai SoundCloud Go itu dianggap tidak berhasil mencapai satu juta pelanggan saat diluncurkan pada Maret 2016 lalu.

advertisement: