Keren, Canon Telah Patenkan Sensor Kamera Melengkung

Komputer.co.id – Selain bentuk dan teknologi komponen yang terus berkembang, senor penangkap gambar pada kamera digital ternyata jarang mengalami perubahan. Selalu dengan bentuk rata seperti lembaran film analog jaman dulu.

 

Tapi beberapa pabrikan tampaknya tengah mengembangkan inovasi terkait bentuk dari sensor tersebut. Canon contohnya, mereka dikabarkan telah mematenkan rancangan sensor berbentuk melengkung.

 

Bila dilihat dari samping, ilustrasi di dokumen paten tersebut memperlihatkan sensor itu memiliki bentuk cekung, mirip seperti mangkun dengan bagian penangkap cahaya di sisi dalamnya.

 

Tak hanya itu, menurut keterangan yang kami rangkum dari Kompas.com pada Senin (12/12/2016), derajat kelengkungan sensor itu dapat diatur secara elektronik. Para pengguna bisa mengatur ingin seberapa cekung sensor yang cocok dengan mereka.

 

Sebelumnya, Canon juga sudah mematenkan desain sensor kamera yang juga melengkung, namun tidak derajat lengkungannya diatur secara elektronik.

 

Lantas apa guna dari sensor kamera melengkung ini ?

 

Mata manusia punya retina yang berbentuk melengkung dari sisi belakang, tidak rata layaknya sensor kamera konvensional maupun lembaran film.

 

Dengan mengikuti bentuk lensa ini, ada banyak keuntungan yang dihasilkan. Seperti tingkat exposure di seluruh frame (bidang proyeksi) akan sama, namun berbeda di pinggiran sehingga hasil efel vignette (gelap dibagian pojoknya). Tingkat ketajaman gambar pun akan menjadi sama disemua frame nya.

 

Canon sendiri bukanlah pabrikan pertama yang telah mengembangkan sensor melengkung ini. Dua tahun lalu, Sony pun sudah mematenkan konsep yang hampir sama.

advertisement: