Menkominfo Mulai Sosialisasikan Tanda Tangan Digital

Komputer.co.id – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) sedang mengoptimalkan tanda tangan digital agar transaksi elektronik di masyarakat semakin mudah.

Hal tersebut dijelaskan Kominfo saat menyosialisasikan tanda tangan digital untuk transaksi elektronik nasional kepada para masyarakat di bandung, provinsi Jawa Barat, Rabu (13/12/2016).

 

Ditambah lagi Indonesia sekarang sedang diperhitungkan pada persaingan e-commerce Asia Tenggara, bahkan Asia, ujar Lis Sutjiati selaku staf khusus Menkominfo yang kami kutip dari laman Detik.com.

 

“Amerika dan juga China sedang melihat potensi e-commerce di Indonesia. Untuk itu kita jangan cuma jadi market saja, namun juga mesti menjadi pemain dalam market tersebut,” tutur Lis kala itu.

 

Menurutnya, untuk bisa mewujudkan hal tersebut, para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Indonesia mesti memanfaatkan tanda tangan digital untuk pengganti tanda tangan basah agar transaksi elektronik bisa aman.

 

“Untuk itulah pentingnya tanda tangan digital. Sebab tanda tangan digital ini mampu menjadi salah satu syarat agar keamanan bertransaksi online bisa meningkat,” tambahnya lagi.

 

Ia juga menerangkan kalau tanda tangan digital tentu berbeda dengan tanda tangan elektronik. Tanda tangan digital merupakan skema matematis yang punya keunikan untuk mengidentifikasikan seseorang di dunia digital.

 

“Tanda tangan digital merupakan stempel otentikasi elektronik yang dienkripsi pada informasi digital seperti pesan email, makro maupun dokumen elektronik lainnya. Skema tersebut bisa membuktikan validitas tanda tangan secara real time,” tuturnya.

 

 

Dengan hadirnya sistem ini diharapkan transaksi elektronik bisa semakin aman dan nyaman, serta Menkominfo bisa menjamin para masyarakat saat ingin bertransaksi secara online.

advertisement: