Tak Hanya Google, Facebook Pun Kini Dikejar Pemerintah Untuk Bayar Pajak

Komputer.co.id – Bukan hanya Google yang terus dikejar oleh pemerintah untuk membayar pajak. Perusahaan sosial media terbesar di dunia, Facebook pun diketahui juga dikejar oleh pemerintah untuk melakukan kewajibannya membayar pajak.

 

Hingga saat ini, pihak Facebook cukup kooperatif. Itu artinya mereka mau mengikuti prosedur yang berlaku di Indonesia.

 

“Facebook Irlandia ingin ketemu saya,” tutur Kepala Kantor Wilayah Pajak Khusus Ditjen Pajak, M Haniv sebagaimana yang kami kutip dari laman Detik.com, Rabu (21/12/2016).

 

Sebenarnya bisnis yang dijalankan oleh Facebook tidaklah berbeda dengan Google. Mereka mendirikan perusahaan di negara lain namun menjalankan aktivitas ekonomi di seluruh dunia, Asia Pacific misalnya.

 

“Modusnya sih sama dengan Google,” ungkap Haniv.

 

Bulan lalu, Haniv mengatakan Ditjen pajak nantinya akan mengirim surat panggilan ke Facebook di Irlandia. Facebook diminta untuk mengungkapkan bisnisnya di Indonesia.

 

Facebook mengungkapkan kalau mereka tidak punya kantor di Indonesia sehingga menurut mereka tidak ada kewajiban untuk membayar pajak. padahal di Indonesia, Facebook punya beberapa server yang fungsinya melayani sambungan internet di Indonesia.

 

“Mereka merasa tidak di Indonesia. Jadi mereka sama sekali tidak ada, namun kan kalau kamu buka Facebook dari Indonesia itu kencang sekali,” tutup Haniv.