Pemilik Facebook “Mark Zuckerberg” Ciptakan Jarvis Ala Iron Man

Komputer.co.id – “Selamat Pagi, Jarvis,” ujar Zuckerberg saat bangkit dari kasurnya. “Selamat pagi Mark, Ini hari Sabtu jadi kamu cuma punya 5 jadwal rapat. Suhu ruangan berada di angka 20 derajat celsius,” saut suara yang tidak begitu jelas asalnya.

Begitulah dialog yang dilakukan Mark Zuckerberg dengan robot cerdas ciptaan Artificial Intelligence (AI) yang bernama Jarvis. Video tersebut diunggah Zuckerberg, CEO Facebook beberapa waktu yang lalu.

Jarvis merupakan AI yang dirancang langsung oleh oleh Mark selama satu tahun yang berfungsi sebagai asistem pribadi. Jarvis bisa melakukan berbagai kegiatan yang di perintahkan oleh majikan lewat suara. Perintah tersebut meliputi memutar film, mematikan lampu hingga mengajak anak mark bermain.

Jarvis tampaknya terinspirasi dari robot asisten Tony Stark dalam film Iron Man yang memiliki nama serupa. Di film itu, Jarvis adalah singkatan dari “Just A Rather Very Intelligent System”.

Suara Jarvis besutan mark sendiri di isi oleh aktor Morgan Freeman. Ia juga memasukkan suara aktor Arnold Schwarzenegger sebagai cadangan.

Pada sebuah postingannya di Facebook, Mark menceritakan proses pembuatan Jarvis, ia juga menjelaskan teknologi apa saja yang ada pada aplikasi mobile tersebut.

“Jarvis menggunakan beberapa teknik artificial intelligence, termasuk memproses suara alami, pengenalan dialog serta wajah dan reinforcement learning yang ditulis dalam bahasa PHP, Python dan Objective C,” ungkap Mark Zuckerberg.

Tak hanya lewat suara, Jarvis pun dapat menerima perintah lewat pesan teks yang dikirim melalui Facebook messenger. Kemampuan itu di demonstrasikan oleh Mark lewat sebuah video dan di unggahnya ke internet.

advertisement: