Ternyata Main Facebook Bisa Memicu Rasa Cemburu, Ini Alasannya

Komputer.co.id – Seringnya menghabiskan waktu di Facebook serta melihat foto-foto pasangan yang berbahagia ternyata mampu membuat menderita. Itulah pernyataan yang diungkap oleh para peneliti di UniversitasCopenhagen, Denmark. Menggunakan media sosial secara berlebihan ternyata mampu memicu rasa cemburu.

 

Kesimpulan itu semakin relevan khususnya bagi mereka yang lebih sering membuka sosmed tanpa berkomunikasi aktif dengan pengguna lainnya.

 

Penelitian itu melibatkan setidaknya 1.300 responden dimana diantara mereka sebagian besar perempuan.

 

“Menggunakan sosial media seperti Facebook secara terus terusan dapat berdampak negatif terhadap kondisi emosional anda,” bunyi dari penelitian tersebut. Dikatakan pula pemakaian yang berlebihan ternyata mampu membuat anda merasa tidak puas dengan apa yang dimiliki saat ini.

 

Yang terjadi selanjutnya adalah muncul perasaan negatif setelah membaca maupun melihat foto-foto di Sosial Media.

 

Lalu timbul pertanyaan, kenapa itu bisa terjadi ?

Para pakar mengungkapkan, hal tersebut dikarenakan perbandingan sosial yang tidak realistis. Lalu bagaimana mengatasinya ?

 

Para peneliti itu menyarankan agar lebih aktif berkomunikasi dengan para pengguna lain di sosial media. Ini akan jauh lebih baik ketimbang hanya melihat foto-foto tanpa menegur mereka.

 

Cara lainnya yaitu berhenti menggunakan sosial media, misalnya selama sepekan. Atau bahkan anda bisa menghapus aplikasi facebook di smartphone anda.

 

“Saya memang sengaja menghapus Facebook dari kehidupan saya. Saya merasa jauh lebih baik sekarang,” ungkap peneliti tersebut.

“Dulu saya mampu menghabiskan banyak waktu setiap hari di Facebook, namun sekarang saya bisa memanfaatkan waktu tersebut untuk hal yang lebih bermanfaat.” tutupnya.

advertisement: