Google Dan Facebook Tetap Merajai Aplikasi Smartphone 2016

Komputer.co.id – Google dan Facebook memiliki aplikasi yang sangat banyak serta layanan yang juga banyak digunakan orang, jadi tak heran bila keduanya merajai aplikasi populer untuk smartphone.

 

Itulah yang jelas tampak di Amerika Serikat (AS). Firma Riset Nielsen baru-baru ini merilis laporan yang mengungkap aplikasi smartphone yang paling banyak diunduh serta digunakan sepanjang tahun 2016.

Sebagaimana yang diketahui, AS merupakan pasar utama Apple. Tapi disana, Android tetap menguasai pasar smartphone. Menurut Nielse, Android setidaknya masih mendominasi pasar smartphone yakni sebesar 53%, lalu disusul iOS Apple sebesar 45%.

 

Selanjutnya ada Windows Phone 2% dan terakhir Blackberry 1%. Angka tersebut merupakan data Q3 2016 dan diyakini tidak akan ada perubahan yang signifikan di Q4 2016.

 

Menurut laporan tersebut, ternyata Facebook masih menjadi media sosial yang paling banyak digunakan di AS dengan lebih dari 146 juta unique user. Itu artinya, walaupun pamor Facebook sering digemborkan menurun, ternyata masih banyak juga para pengguna dari situs besutan Mark Zuckerberg tersebut.

 

Selanjutnya di urutan kedua ada Facebook Messenger yang digunakan oleh 140 juta unique user. Lalu di urutan selanjutnya ada 5 aplikasi besutan Google yang berturut turut merajai daftar aplikasi terpopuler seperti Youtube, Maps, Search, Google Play dan Gmail.

 

Setelah itu disusul pula oleh Instagram di urutan ke 8 serta Apple Music dan Amazon App di urutan selanjutnya.