Tak Lama Lagi Google Hadirkan Asisten Pintar Di Smart TV

Komputer.co.id – Asisten digital besutan Google bernama Assistant akhirnya hadir di perangkat smart TV dengan sistem operasi Android.

Assistant yang hadir sebagai pesaing Siri Milik Apple dan Alexa Amazon ini tidak lama lagi akan hadir, mungkin dalam hitungan bulan saja.

Sebagaimana yang kami kutip dari laman CNN Indonesia, perangkat TV yang support Assistant yakni perangat yang sudah mendukung OS Android 6.0 Marshmallow.

Google pun sudah mempublikasikan beberapa perangkat yang nantinya akan bisa menikmati fitur Assitant diantaranya AirTV Player, Xiaomi Mi Box dan Nvidia Shield.

Google juga mengungkap perangkat pertama yang akan menikmati fitur terbarunya ini adalah Nvidia Shield.

Jadi nantinya para pengguna hanya cukup mengucapkan “OK Google” untuk dapat mengaktifkan fitur ini dan mereka pun bisa berselancar dengan bantuan Assitant.

Walaupun begitu, penerapan Google Assistant bisa berbeda. Dalam kondisi tertentu para pengguna bisa saja memerlukan voice remote untuk dapat menggunakannya.

“Sebagai bentuk dari pembaruan kami selanjutnya di perangkat TV dan konsol, tak lama lagi anda akan dapat menikmati Google Assistant sebagai pembantu pribadi untuk dapat menikmati konten yang di inginkan secara instant,” tulis Google di blog resminya.

Google juga menambahkan, “nanti pengguna tidak perlu repot mengetik atau dipusingkan saat ingin mencari apa yang ia inginkan, cukup perintahkan dengan suara saja,”

Sebagai informasi, debut Assistant ditanamkan di dalam aplikasi pesan instant Allo yang juga dirilis oleh Google. Lalu Assistant menjadi elemen penting bagi smartphone andalan Google, Pixel.

advertisement: