Kominfo Akan Blokir Situs Penyebar Berita Hoax

Kominfo Akan Blokir Situs Penyebar Berita Hoax

Kominfo Akan Blokir Situs Penyebar Berita Hoax

Komputer.co.id – Samuel Abrijani Pangerapan, selaku Dirjen Aplikasi Informatikan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) mengungkapkan, pemblokiran beberapa situs jurnalistik yang suka menyebar berita hoax dengan isu Suku, Agama, Rasa dan Antargolongan (SARA) adalah tahap peringatan untuk para media-media yang menjual produk jurnalistik lainnya.

“Bila itu dibiarkan malah nantinya terjadi kekacauan dikalangan masyarakat. Yang kita lakukan ini masih tahap warning. Mereka bisa ditindaklanjuti ke jalur hukum bila sayarat sudah terpenuhi. Namun penindakan hukum tersebut tergantung kepolisian,” ungkap Samule.

Samuel menghimbau kepada masyarakat untuk menjadikan pemblokiran ini sebagai pelajaran dalam penggunaan internet. Khususnya operator situs agar bisa memanfaatkan teknologi secara bijaksana.

“Kita baru saja masuk ke era penggunaan internet yang masif. Masyarakat harus pintar memanfaatkan teknologi. Tiap hari saya minta surat masukan untuk dapat memblokir situs berjenis ini,” lanjutnya lagi.

Samuel juga menerangkan, kategori berita hoax dipecah menjadi dua. Yakni berita bohong berlatar belakang ekonomis untuk merusak nama baik kompetitor serta berita bohong yang melatar belakangi isu SARA.

“Bila mengaku media yang menjual produk jurnalistik, ikutilah kaidah jurnalistik. Jika tidak, ya buatlah website tanpa ada embel-embel jurnalistik,” lanjut Samuel lagi.

Sebagai informasi, presiden Joko Widodo pernah meminta agar dilakukannya penindakan tegas serta evaluasi media online yang menyebarkan berita hoax. Sejumlah wacana pembentukan badan dan juga satgas diberlakukan untuk mengurangi penyebaran berita bohong.