Whatsapp Masuk Kedalam Aplikasi Paling Banyak Dilarang

Whatsapp Masuk Kedalam Aplikasi Paling Banyak Dilarang

Whatsapp Masuk Kedalam Aplikasi Paling Banyak Dilarang

Komputer.co.id – Setiap negara punya aturan yang berbeda untuk aplikasi yang tersedia pada smartphone. Bila sebuah aplikasi Dianggap melanggar ketentuan maka akan diblokir oleh negara tersebut.

Dan ternyata WhatsApp merupakan salah satu aplikasi yang paling banyak di blokir. Menurut catatan setidaknya ada 12 negara yang mengharamkan hadirnya layanan pesan instan besutan Facebook itu. Selanjutnya disusul oleh Facebook yang diblokir di 8 negara.

Facebook pun ikut mencatatkan dirinya sebagai jejaring sosial dengan pengguna paling banyak ditangkap karena postingan konten politik, sosial maupun agama yang dianggap telah melanggar aturan, begitulah yang kami kutip dari laman detik.com, Senin (9/1/2017).

Data tersebut dikeluarkan langsung oleh Freedom house pada sebuah laporan yang berjudul kebebasan internet. Menurutnya, banyak pemerintah yang semakin mengincar keberadaan aplikasi sejenis watsapp ataupun telegram, yang digunakan untuk dapat menyebar informasi secara cepat dan juga aman tanpa bisa dipantau.

Hal tersebut umumnya terjadi di negara-negara yang tengah mengalami konflik. Lalu aplikasi pesan instan tersebut Dianggap ikut menggalang masa, khususnya untuk aksi demonstrasi melawan Pemerintah. Tapi Tak semuanya begitu, ada pula yang memblokir karena dianggap mengganggu kepentingan perusahaan telekomunikasi lokalnya.

Ini seperti tren baru dalam hal pemblokiran, pasalnya sebelumnya pemerintahan lebih suka melakukan sensor pada jejaring sosial seperti Twitter dan Facebook selama beberapa tahun terakhir.

Baru-baru ini yang paling populer yaitu pemblokiran WhatsApp di Brasil. Pemeritah Brasil melarang penggunaan WhatsApp di negaranya karena aplikasi tersebut menolak bekerjasama terkait penyelidikan kartel narkoba di negara itu.

Pihak kepolisian pun kesulitan untuk memburu pelaku karena fitur enkripsi yang ada pada WhatsApp. Polisi yakin akan ada petunjuk yang dapat diperoleh untuk mengetahui isi percakapan WhatsApp dari orang yang sedang di incar. Tapi atas alasan privasi, pihak WhatsApp dikatakan menolak untuk membantu.

advertisement: