Soundcloud Kehabisan Dana, Apa Mungkin SoundCloud Bangkrut ?

Soundcloud Kehabisan Dana, Apa Mungkin SoundCloud Bangkrut ?

Soundcloud Kehabisan Dana, Apa Mungkin SoundCloud Bangkrut ?

Komputer.co.id – Web streaming musik, SoundCloud terancam bangkrut akhir tahun 2017 nanti. Kemungkinan besar, layanan musik yang digandrungi artis pendatang baru tersebut akan diakuisisi.

Indikasi tersebut datang dari laporan yang dikeluarkan olehThe Financial Times. Mereka mengatakan bila SoundCloud tidak menemukan investor baru, maka mereka akan mengalami kebangkrutan.

Dalam pembukuan tahun 2015 silam, SoundCloud sebenarnya sudah mencatat kenaikan pendapatan hingga 21,6%. Naiknya pendapatan itu karena diluncurkannya musik premium SoundCloud Go pada bulan Maret 2016.

Tapi sayangnya,SoundCloud Go tak mampu menyelamatkan mereka dari kerugian yang tajam. Tercatat kerugian yang telah mereka telan yakni 30,9% atau diangka USD 52 juta.

Walaupun perolehan dari biaya langganan SoundCLoud Go bisa dikatakan lumayan, SoundCloud harus tetap bekerja keras untuk menghadapi persaingan yang kian ketat.

Berdasarkan informasi dari laman Music Business Worldwide (MBW), Alexander Ljung yang merupakan salah satu pendiri sekaligus CEO SoundCloud menyampaikan rasa khawatirnya terhadap keuangan perusahaan. Menurutnya perusahaan mungkin akan kehabisan dana sebelum penghujung tahun nanti.

“Walaupun jajaran direktur meyakini akan mendapatkan dana segar hingga 31 Desember 2017 nanti dan ketidakpastian dapat berakibat perusahaan ini akan kehabisan uang lebih cepat serta memaksa kami mencari dana tambahan yang hingga sekarang belum direncanakan,” ujar Ljung sebagaimana yang kami kutip dari laman CNN, Senin (9/1/2017).

Kabar ini mengundang beberapa perusahaan teknologi lain untuk mengakuisisinya. Pada September lalu saja misalnya, Spotify sempat ingin membelinya dengan nilali USD 1 miliar. Tapi sayangnya rencana tersebut batal karena SPotify ingin fokus ke penjualan saham publik.

 

 

advertisement: