Tips Mudah Mendesain Ruang Tamu Sempit Agar Terkesan Luas

Masukan email anda untuk berlangganan artikel terbaru kami:

Setelah klik Subscribe, cek email anda untuk verifikasi. Selesai


Delivered by FeedBurner



Komputer.co.id – Salah satu ruangan yang tidak dapat dipisahkan dari rumah kita adalah ruang tamu. Ruang tamu menempati posisi penting bagi rumah kita. Ruangan ini berfungsi untuk menyambut tamu yang datang ke rumah anda. Sayangnya, ada banyak pemilik rumah yang kesulitan untuk menata ruang tamu karena ruangan yang sempit. Sekarang anda tidak perlu khawatir lagi, artikel ini akan membagikan tips mudah untuk mempercantik ruang tamu anda sehingga terlihat nyaman dan luas.

 

Pilih Warna Cerah untuk Lantai dan Dinding

Warna Cerah untuk Lantai dan Dinding

Warna memang dapat mengubah kesan terhadap sebuah ruangan. Warna gelap dapat membuat ruang tamu anda terlihat lebih sempit karena warna ini akan menyerap cahaya yang masuk ke dalam ruang tamu anda. Berbeda dengan warna terang yang dapat memancarkan cahaya ke dalam ruang tamu anda. Anda harus memilih warna cerah untuk lantai dan dinding di ruang tamu anda. Selain terlihat luas, warna cerah dapat membuat suasana di ruang tamu menjadi lebih hangat. Anda dapat memilih warna hijau yang dipadukan dengan warna yang lebih berani pada beberapa perabotan. Sofa berwarna hijau dan bantal berwarna putih atau biru dapat menghasilkan  kombinasi yang unik dan tidak membosankan.

 

Jangan Merapatkan Perabotan ke Dinding

Jangan Merapatkan Perabotan ke Dinding

Ada banyak orang yang mendorong perabotan ke dinding agar ruangan terlihat lebih luas padahal langkah tersebut justru salah. Jika anda tidak memberikan jarak antara perabotan dan dinding, maka ruang tamu anda akan terlihat sempit. Anda bisa memberikan jarak beberapa centimeter antara dinding dan perabotan tersebut. Trik sederhana ini pasti akan membuat ruang tamu anda terasa lebih luas.

 

Gunakan Wallpaper di Atap Ruang Tamu

Wallpaper di Atap Ruang Tamu

Sebenarnya mendesain ruang tamu sempit tak sesulit apa yang anda bayangkan. Anda hanya perlu mengalihkan pandangan mata anda ke objek yang lain. Ternyata menggunakan wallpaper di atap ruang tamu dapat memberikan perasaan lega dan luas pada ruangan tersebut. Semua objek yang dapat mengalihkan mata anda untuk melihat ke bagian atas dapat membuat ruangan terasa luas. Anda bisa memilih wallpaper dengan motif sederhana seperti bintang, bunga, dan awan.

 

Gunakan Perabotan Multifungsi

Gunakan Perabotan Multifungsi

Perabotan dapat menjadi kunci utama untuk mendesain ruangan yang sempit. Anda tidak boleh meletakkan banyak perabotan di ruang tamu anda. Sebaiknya anda membeli perabotan yang memiliki fungsi ganda. Perabotan ini pasti dapat menghemat lebih banyak ruangan. Mungkin anda bisa memilih sofa yang sekaligus dapat dijadikan meja.

 

Gunakan  Perabotan yang Sesuai dengan Ruang Tamu Anda

Perabotan yang Sesuai dengan Ruang Tamu Anda

Ruangan kecil memerlukan sofa perabotan kecil adalah anggapan yang salah. Ternyata satu sofa besar terlihat lebih baik dibandingkan dengan beberapa sofa kecil. Sofa besar dapat menimbulkan kesan luas pada ruang tamu anda sedangkan sofa kecil hanya akan membuat ruangan menjadi terlihat sempit.

 

Jangan Gunakan Ornamen Besar

Jangan Gunakan Ornamen Besar

Jika anda ingin menambahkan ornamen untuk membuat ruang tamu anda terlihat cantik, maka anda tidak boleh membeli ornamen dengan ukuran yang terlalu besar. Gunakan ornamen dengan ukuran sedang atau kecil yang diletakkan di tempat yang tepat. Jangan terlalu banyak menambahkan ornamen karena ruangan anda akan terlihat sempit dan padat.

 

Susun Buku Anda agar Terlihat Rapi

Susun Buku Anda agar Terlihat Rapi

Jika anda suka membaca buku namun memiliki ruang tamu sempit, maka anda tak perlu khawatir. Anda masih bisa meletakkan rak buku di ruang tamu anda, asalkan anda dapat menata  buku tersebut dengan rapi. Anda dapat membagi rak tersebut dalam kotak-kotak kecil yang diberi sekat. Kelompokkan buku anda sesuai dengan ukurannya. Mungkin anda dapat menambahkan ornamen kecil dalam beberapa kotak tersebut. Tampilan rak buku anda akan terlihat rapi dan tidak monoton.

 

Gunakan Corak Garis-Garis untuk Menimbulkan Kesan Panjang pada Ruang Tamu

Corak Garis-Garis untuk Menimbulkan Kesan Panjang pada Ruang Tamu

Biasanya pemilik rumah menggunakan karpet polos untuk ruangan tamu sempit, padahal anda dapat bermain dengan corak untuk menipu mata anda. Pilihlah karpet dengan corak garis yang dapat menciptakan ilusi bahwa ruang tamu anda terlihat lebih panjang. Anda bisa memilih garis hitam putih atau warna yang sesuai dengan konsep ruang tamu anda. Jika anda sudah menggunakan karpet dengan corak tersebut, maka pilihlah perabotan dengan warna netral tanpa corak apapun agar tidak bertabrakan dengan corak di karpet tersebut.

 

Buka Tirai Jendela Anda

Buka Tirai Jendela Anda

Ini adalah tips paling mudah untuk memberikan kesan ruangan yang cerah dan luas. Buka tirai di pintu atau jendela anda agar anda dapat melihat ke luar ruangan. Anda bisa menutup tirai tersebut saat anda membutuhkan privasi.

 

Gunakan Perabotan dengan Material Kaca

Gunakan Perabotan dengan Material Kaca

Kaca dapat memantulkan cahaya dari ruang tamu anda sehingga ruang tamu anda terlihat lebih cerah tanpa penggunaan banyak lampu. Perabotan yang terbuat dari kaca sering digunakan untuk rumah bergaya minimalis. Perabotan tersebut terlihat transparan sehingga membuat ruangan menjadi lebih luas. Anda bisa menggunakan meja yang terbuat dari kaca untuk menciptakan ilusi meja tak terlihat. Meja tersebut akan memantulkan warna dinding atau lantai anda sehingga ruangan anda tak terlihat dibatasi dengan perabotan tersebut.

 

Sesuaikan Konsep Warna di Setiap Ruangan

Sesuaikan Konsep Warna di Setiap Ruangan

Perabotan, lantai dan dinding dapat menggunakan warna yang seimbang. Sebaiknya ketiga elemen tersebut menggunakan warna cerah untuk menjadikan ruangan anda terlihat lebih luas. Warna cerah juga dapat meminimalkan penggunaan lampu. Anda tidak perlu menempatkan banyak lampu di ruang tamu anda karena warna tersebut dapat memantulkan cahaya yang terang.

 

Gunakan Perabotan dengan Kaki di Bawahnya

Perabotan dengan Kaki di Bawahnya

Jangan menggunakan sofa atau meja dengan kaki yang tidak terlihat. Perabotan tersebut akan membuat ruangan menjadi lebih sempit karena anda tidak ada jarak antara sofa dan lantai. Sebaiknya anda menggunakan meja atau sofa yang memiliki kaki sehingga terlihat sedikit jarak antara lantai dan perabotan tersebut.

 

Letakkan Kaca di Seberang Jendela

Letakkan Kaca di Seberang Jendela

Ini adalah tips yang paling baik untuk memantulkan cahaya di ruang tamu anda. Kaca tersebut dapat diletakkan di depan jendela sehingga ruangan anda terlihat luas. Kaca dapat memantulkan pemandangan yang terlihat dari jendela tersebut.

 

Gunakan Karpet untuk Memisahkan Ruangan

Gunakan Karpet untuk Memisahkan Ruangan

Bagi anda yang tinggal di apartemen, anda bisa memisahkan ruangan tersebut dengan beberapa karpet. Anda dapat menggunakan karpet dengan warna yang berbeda namun tetap serasi. Satu ruangan dapat menjadi beberapa ruangan dengan fungsi yang berbeda.

 

Gunakan Lukisan Artistik untuk Memberikan Kesan Luas

Gunakan Lukisan Artistik untuk Memberikan Kesan Luas

Desain atau lukisan artistik tidak hanya membuat ruang tamu anda terlihat cantik tetapi juga terkesan luas. Anda tidak perlu membeli terlalu banyak lukisan. Anda hanya perlu membeli lukisan besar untuk ditempelkan di ruang tamu anda. Gunakan lukisan abstrak dengan warna terang yang dapat membuat ruang tamu anda terkesan elegan dan mewah. Tamu anda pasti akan terfokus dengan keindahan lukisan tersebut.

Itulah beberapa tips untuk mendesain ruang tamu di rumah anda agar terkesan lebih luas dan nyaman.

advertisement: