Tips Membeli Laptop Berkualitas Yang Wajib Diketahui

Komputer.co.id – Tips membeli laptop berkualitas yang sesuai dengan kebutuhan. Membeli atau mencari laptop tidak hanya berdasarkan bentuk fisik ataupun luarnya saja. Tetapi juga harus sesuai dengan anda. sesuai disini maksudnya sesuai untuk kebutuhan yang akan anda gunakan nanti dengan laptop yang anda beli. Sesuai dalam pemakaian, kenyamanan, kesempurnaan serta tentunya sesuai juga dengan kantong anda. Sebelum kami masuk ke materi utamanya, kami akan memberi sedikit info mengenai perbedaan netbook, notebook dan juga laptop.

Netbook memiliki ukuran layar berkisar 6-13 inchi, dan tentunya tidak memiliki spesifikasi yang tinggi. Biasanya pada netbook hanya ditanam prosessor kelas menengah kebawah. Dan juga ciri khusus lainnya adalah netbook tidak dibekali dengan DVD-ROM. Notebook sendiri memiliki ukuran layar 13.1-18 inchi. Biasanya spesifikasi yang ditawarkan sudah memadai dan hampir setara dengan PC biasa. Notebook juga dibekali dengan prosessor yang cukup mumpuni, hardisk yang cukup besar kapasitasnya. Selanjutnya adalah laptop yang biasanya memiliki ukuran paling besar dengan ukuran layar diatas 18 inchi dan tentunya juga lebih berat.

Tips Memilih Laptop Berkualitas

  1. Sesuaikan Dengan Kebutuhan

Pertama anda harus memperhatikan kebutuhan anda sendiri. Akan dipakai untuk apa laptop yang anda beli nantinya. Untuk mempermudah kami bagi ke dalam tiga kategori utama yaitu :

a. Laptop Kantoran

Untuk kebutuhan-kebutuhan ringan seperti browsing, dengerin music, nugas atau sekedar memainkan game ringan. Tidak membutuhkan spesifikasi yang tinggi. Cukup untuk memenuhi keperluan-keperluan yang berhubungan dengan office.

b. Laptop Desain Grafis

Kebutuhan anda adalah berhubungan dengan grafik dan warna. Sesekali digunakan untuk kebutuhan word prosessing dan juga memainkan game tingkat menengah. Menggunakan laptop sebagai sarana hiburan sekaligus untuk kebutuhan kerja.

c. Laptop Gaming

Anda lebih banyak menggunakan untuk kebutuhan bermain game-game berat. Dengan langka waktu cukup lama membutuhkan performa yang stabil, kualitas tampilan jernih dan tajam. Sesekali digunakan menonton film dengan kualitas tinggi seperti blueray.

Baca juga:
Tips dan Trik Agar Processor Tidak Cepat Panas
3 Tips Mengatasi Anak Yang Kecanduan Gadget

  1. Garansi Dan Service

Garansi adalah salah satu hal yang harus anda perhatikan dalam memilih laptop. Karena biasanya lamanya waktu garansi dapat menjadi acuan suatu produk itu memiliki kualitas yang bagus atau tidak. Misalnya laptop Asus, dia berani memberikan garansi sampai dengan 2 tahun. Atau Dell dengan luar biasanya, ketika laptop anda rusak akan diganti dengan baru. Dalam membeli laptop pastikan juga ketersediaan service centernya. Usahakan letak service centernya tidak jauh atau minimal ada di kota anda. ini akan mempermudah jika nanti ada kendala atau kerusakan pada laptop yang anda beli. Sehingga kerusakan atau kendala yanga ada dapat cepat diatasi.

 

  1. Harga Jual Kembali

Sebelum membeli laptop lebih baik cari terlebih dahulu jenis, brand, atau laptop seperti apa yang memiliki harga jual kembali yang tidak terlalu anjlok. Bukan tidak mungkin nanti anda berniat untuk menjualnya lagi. Mungkin karena sudah bosan, ingin upgrade, dapat juga jika sedang butuh uang mendadak.

Sepertinya begitu saja tips yang dapat kami berikan untuk anda. Semoga dapat menjadi bahan pertimbangan nantinya untuk memilih laptop seperti apa yang akan anda beli nanti. Jadilah pembeli yang cerdas. Jangan sampai salah pilih. Semoga bermanfaat.

advertisement: