Cara Mengatasi Laptop Cepat Panas Dan Overheat

Komputer.co.id – Tips dan cara mudah mengatasi laptop cepat panas dan overheat. Kali ini kami akan membahas tentang cara mengatasi laptop yang cepat panas dan overheat. Berbeda dengan PC yang dilengkapi semacam kipas yang mampu menjaga suhu secara stabil, maka komputer jinjing atau laptop tidak memiliki pendingin yang mumpuni. Karena desainnya yang relative kecil, maka laptop akan lebih cepat panas jika digunakan untuk bekerja secara berlebihan.

Sebelum memberikan rincian cara mengatasi laptop panas, kami akan mengulas apa saja faktor yang mempengaruhi perubahan suhu pada laptop terlebih dahulu. Ada berbagai hal yang menyebabkan laptop menjadi panas dan overheat. Anda pasti sudah mengerti jika penggunaan laptop dalam waktu lama adalah salah satu penyebabnya. Hal ini memang benar sekali. Penggunaan secara terus menerus tanpa dimatikan dalam waktu yang lama, memang akan membuat laptop cepat panas dan overheat. Laptop yang overheat pastinya akan mempengaruhi performa mesin dan komponen-komponen lain yang ada.

Cara Mengatasi Laptop Cepat Panas Dan Overheat

  1. Pastikan Sirkulasi Udara Baik

Ketika anda menggunakan laptop. Usahakan ditempatkan di tempat yang mempunyai sirkulasi udara baik. Maksudnya disini adalah jangan meletakkan laptop ditempat yang pengap, misalnya diatas kasur atau diatas bantal. Laptop kebanyakan menempatkan lubang untuk sirkulasi udara mereka dibagian sisi samping maupun sisi bawah dari laptop itu sendiri. Jika anda meletakkan laptop yang sedang menyala diatas kasur maupun bantal dapat mnyebabkan sirkulasi udara menjadi buruk. Karena udara panas terperangkap oleh bantal sehingga udara baru yang akan masuk menjadi terhalang. Lama-kelamaan karena sirkulasi udaranya buruk, menyebabkan laptop menjadi overheat dan akan berdampak pada menurunnya performa laptop itu sendiri.

  1. Gunakan Cooling Pad

Cooling pad merupakan salah satu alat yang dapat mengurangi overheat pada laptop. Fungsinya adalah mengurangi atau menurunkan panas pada laptop dengan cara mengalirkan udara segar melalui bagian bawah laptop. Agar sirkulasi udaranya menjadi lancar. Tetapi harus diingat cooling pad juga dapat membawa dampak negatif kalau anda tidak benar dalam pemakaiannya. Misalnya adalah membawa debu masuk ke dalam laptop, ini terjadi jika cooling pad dalam keadaan kotor.supaya tidak membawa dampak negatif usahakan membersihkan cooling pad dari debu-debu yang menempel secara berkala. Dan juga harus diperhatikan kadang ada laptop yang menempatkan sirkulasi udaranya dibawah monitor.

Baca juga:
Tips Membeli Laptop Berkualitas Yang Wajib Diketahui
Bagaimana Cara Mengatur Kecepatan Kipas Laptop & Komputer
SpeedFan: Mengatur Kecepatan Kipas Komputer

 

  1. Bersihkan Kipas Atau Heatsink

Kipas yang digunakan terus-menerus bukan tidak mungkin menumpuk debu yang cukup banyak. Hal ini dapat menyebabkan kecepatan putar dari kipas menjadi menurun atau melambat. Untuk mengatasinya lakukan pembongkaran kemudian bersihkan kipas dan healsink laptop hingga benar-benar bersih dan usahakan memberi pelumas. Tetapi anda juga ahrus berhati-hati membeongkar laptop tersebut jika itu merupakan pengalaman pertama bagi anda.

  1. Tambahkan Thermal Pasta

Kinerja dari processor yang terus-menerus menyebabkan panas menumpuk dan dalam jangka waktu yang lama dapat menyebabkan lapisan thermal pasta pada processor mongering. Padahal thermal paste digunakan sebagai penghantar keluarnya panas dari chip processor. Dengan begitu lebih baik tambahkan thermal paste secara berkala agar panas pada processor dapat dihantarkan dengan baik.

Demikian informasi mengenai beberapa cara mengatasi laptop cepat panas dan overheat yang dapat kami sajikan untuk anda. Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk anda. Terimakasih.

advertisement: