6 Wireless Router Terbaik Dengan Berbagai Harga

Komputer.co.id – Router merupakan sebuah perangkat yang sangat penting untuk mengirimkan data pada jaringan internet. Proses yang dilakukan oleh alat ini disebut dengan routing. Proses tersebut terjadi pada lapisan 3 (seperti internet protocol) yang berasal dari stack protocol 7 lapis OSI.

Router berguna untuk menghubungkan jaringan kecil dengan jumlah yang banyak ke jaringan lebih besar atau sering disebut sebagai internetwork. Selain itu, router juga bisa membagi jaringan besar dalam beberapa subnetwork sehingga kinerjanya bisa ditingkatkan dan memudahkan sistem manajemennya.

Router terdiri dari beberapa jenis, diantaranya router aplikasi, router hardware dan router PC. Router aplikasi dapat Anda install pada komputer sehingga sistemnya dapat bekerja sebagaimana router. Contohnya seperti aplikasi WinProxy, WinGate, SpyGate dan Winroute. Sedangkan router hardware merupakan hardware yang memiliki kemampuan dan kinerja seperti router. Nah, cara kerja hardware tersebut dapat digunakan untuk membagi IP address, membagi jaringan internet dan accest point.

Lain halnya dengan router PC yang merupakan perangkat komputer setelah dimodifikasi sehingga dapat berfungsi sebagai router. Komputer yang digunakan tidak mesti yang memiliki spek tinggi. Anda sudah bisa membuat router Pc dengan komputer Pentium dua, hard drive 10 GB dan RAM 64 serta tersedia LAN card. Setelah diinstall sistem operasi yang khusus untuk router seperti Mikrotik, maka Anda sudah bisa memodifikasi PC menjadi router PC.

Seiring dengan maraknya layanan broadband internet cable, masyarakat pun membutuhkan perangkat jaring wifi router. Alat tersebut kemudian dipasangkan pada modem cable dari penyedia layanan internet yang bersangkutan. Sebagai contoh yaitu Telkom yang menyediakan modem bernama Speedy yang dilengkapi dengan fitur NAT atau router, sering juga dikenal sebagai modem gateway. Nah, pelanggan yang akan memasang wifi perlu menyediakan jaringan wifi berupa wireless access point.

Untuk mendapatkan koneksi internet yang cepat, Anda perlu memilih router yang berkualitas. Jenis router untuk membangun jaringan wifi secara otomatis disebut sebagai wireless router wifi. Berikut ini beberapa wireless router wifi dengan kualitas terbaik sehingga bisa menghasilkan koneksi internet dengan kecepatan tinggi yang direkomendasikan untuk Anda.

  1. Wireless router TP-LINK TL-WR841N

Salah satu seri wireless router N300 ini merupakan yang paling ekonomis. Anda sudah bisa mendapatkan Wireless router TP-LINK TL-WR841N cukup dengan 250 ribuan. Fitur-fitur dalam router ini memiliki kelebihan berupa basis standart wireless N300, 4x LAN, 1x WAN, serta dilengkapi dengan MIMO anthena CCA technology. Router ini juga dibekali dengan aplikasi VoiP dengan QoS. Meskipun tidak tersedia port USB dan tidak mendukung guest network, router ini cukup mampu diandalkan untuk koneksi internet di dalam rumah.

 

  1. Wireless router ASUS RT-AC66U

Vendor ASUS lebih terkenal pada produknya yang berupa laptop, PC dan smartphone. Namun, tak ingin kalah di pasaran, ASUS kini merilis wireless router dan menjadi salah satu produk modem wifi yang best seller di Indonesia. Ada dua tipe produk dari ASUS yang terbaik, diantaranya RT-N56U N600 dan RT-AC66U.

Harga yang dibanderol untuk tipe RT-AC66U terbilang cukup mahal yaitu sekitar 3 jutaan. Namun, harga tersebut akan sebanding dnegan spesifikasinya yang sangat mumpuni. Seperti yang Anda tahu, harga memang tidak pernah berbohong.

Kelebihan dari router yang satu ini diantaranya:

  • Router RT-AC66U didukung wifi 5G band dengan wireless AC technology
  • Kecepatannya mencapai 1700 Mbps
  • 4x GB LAN
  • 1x GB WAN
  • Dapat menjangkau jarak yang cukup jauh dengan signal yang tidak buruk sebab router ini memiliki 3 buah anthena eksternal. Dilengkapi juga dengan airadar.
  • Media server DLNA compliant turut mendukung kinerja router wifi ini
  • Dilengkapi dengan USB port untuk storage dan printer.
  • Support VPN

 

  1. Wireless Router Netgear R7000 Nighthawk

 

Dengan berbasis wifi 5G, router ini menjadi salah satu yang terbaik di pasaran. Bagi Anda yang memiliki rumah yang berukuran luas, wireless router yang satu ini sangat direkomendasikan. Sebab, Netgear R7000 Nighthawk ini memiliki bandwith dengan total 1300 Mbps + 600 Mbps. Kinerja router ini dapat optimal pada 2.4 hingga 5 GHz band.

Untuk mendapatkan Netgear R7000 Nighthawk, Anda perlu merogoh kocek cukup dalam. Sebab, harganya adalah sekitar 3,5 jutaan. Jika Anda ingin mendapatkan wireless router dari Netgear dengan spesifikasi yang lebih canggih, produk terbarunya Nighthawk X8 AC5300 bisa Anda pilih. sebab, total bandwith-nya mencapai 5.300 Mbps.

Kelebihan Netgear R7000 Nighthawk diantaranya:

  • Dilengkapi dengan technology antenna beamforming dan high power radio amplifiers
  • Kapasitas memorinya mencapai 128 MB flash didukung dengan processor Dual Core 1GHz
  • Untuk RAM sebesar 256 MB
  • Bandwith-nya sangat mendukung untuk video steaming maupun gaming
  • Didukung dengan 2 port USB untuk printer dan storage disk

 

  1. Wireless Router Linksys WRT 1900AC

Produk ini merupakan penyempurna dari Lynksys versi lama yang tentunya lebih handal dan menjanjikan. Total bandwith yang mencapai 5300 Mbps dengan Dual Band Smart Wi-fi menjadikannya sangat mumpuni untuk berbagai aktivitas internet. Harga wireless router yang satu ini cukup tinggi yaitu sekitar 3,9 jutaan lebih. Jadi Anda perlu mempersiapkan budget yang tidak sedikit untuk menikmati fitur-fitur canggih di dalamnya.

Router ini memiliki beberapa kelebihan, diantaranya:

  • Wireless basis Ac1900
  • Dilengkapi dengan 4 buah anthena eksternal
  • Pada dapur pacunya terdapat dual core processor
  • 1x WAN dan 4x LAN
  • Tersedia 2 port USB 3.0 dan 2.0
  • Sistem kemanannya cukup tinggi

 

  1. Xiaomi Young Version Wifi Wireless Router

Meskipun terkenal dengan produk smartphone High-end, ternyata Xiaomi juga mengeluarkan produk berupa wireless router. Produk ini memiliki performa yang tinggi dan sangat kuat. Set interface-nya mudah untuk digunakan kalangan pemula. Tak hanya itu, jangkauan nirkabel pada router yang satu ini sangat optimal pada 2.4 GHz serta 5 GHz band.

Kelengkapan fitur yang terdapat pada router ini menunjang performanya. Seperti fitur home gateway berupa NAT, QoS, SPI firewall, port forwarding, dan masih banyak lagi. Tak ketinggalan, router ini juga didukung dengan port USB dan Open WRT. Oleh  karenanya, jangan heran jika perangkat yang satu ini akan menjadi salah satu yang paling dicari untuk dipasang di rumah.

 

  1. ASUS RT-N12 + Wireless N300

Jika Anda memiliki budget yang minim, pilihlah wireless router ASUS RT-N12. Dibanderol dengan harga sekitar 400 ribuan, produk ASUS yang satu ini cukup terjangkau untuk berbagai kalangan. Meskipun murah, namun kinerja serta cakupan jaringannya cukup luas. Teknologi pada router ini memiliki daya transmisi yang kuat dan dapat disesuaikan dengan dua antenna. Sehingga, router ini dapat memperluas jangkauan sinyal dan bekerja lebih baik terutama pada ruangan yang terdapat blank spot.

Itulah 6 wireless router yang direkomendasikan untuk Anda dengan berbagai harga. Anda bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan serta budget yang dimiliki. Pastikan Anda menggunakan router yang tepat yang dapat mendukung berbagai keperluan.  Seperti yang Anda tahu, setiap orang tentu memiliki kebutuhan dan kapasitas router masing-masing, sehingga Anda tidak perlu memaksakan diri membeli yang paling mahal. Demikian, semoga bermanfaat.

advertisement: