Intel Beli Saham Here Maps Dari Nokia, Ini Tujuannya

Intel Beli Saham Here Maps Dari Nokia, Ini Tujuannya

Intel Beli Saham Here Maps Dari Nokia, Ini Tujuannya

Komputer.co.id – Baru-baru ini dihebohkan Intel akan membeli 15% saham dari layanan navigasi dan pemetaan digital besutan Nokia bernama Here Maps. Pembelian ini dikabarkan akan dilakukan pada kuartal pertama 2017 nanti, tapi belum ada informasi terkait harga yang akan dibayarkan Intel pada transaksi itu. Belum diketahui pula apa tujuan Intel membeli saham ini.

“Mobil bisa berkembang dengan sangat cepat menjadi perangkat yang paling pintar. Kami tidak sabar untuk bekerja sama dengan Here serta partner perusahaan otomotifnya agar bisa menghadirkan pondasi teknologi mobil pintar beserta koneksinya di masa depan,” tutur Brian Krzanich selaku CEO Intel pada sebuah keterangan.

Saham itu dibeli Intel dari konsorsium pabrikan mobil asal Jerman, yakni Audi, BMW dan Daimler dimana pada bulan Agustus 2015 silam sudah membelinya dari Nokia sebesar USD 3,07 miliar. Pembelian sistem peta digital tersebut merupakan langkah perusahaan untuk dapat membangun mobil otonom.

Selaku penyedia utama silikon (prosesor), Intel dapat mengakselerasi ambisi HERE dengan dukungan platform lokasi digital yang universal sehingga mencakup kendaraan bermotor, cloud serta apapun yang terkoneksi,” lanjut CEO HERE, Edzard Everbeek.

Dengan pembelian saham ini mereka akan memiliki teknologi pemetaan serta navigasi yang dibutuhkan untuk bisa membangun sistem navigasi mobil otonom.