mika-baumeister-ptabte6ij_8-unsplash-7245494-5613901-jpg

Membantu dalam Pemilihan Warna Desain

Diposting pada

Last Updated on August 10, 2023 by Dika Appkey

Dimanapun kalian berada pasti kalian menjumpai ada banyak macam warna yang kalian temui sehari-hari. Langit biru, awan putih, bunga merah dan lainnya. Alam selalu jadi inspirasi untuk kita yang sedang berkarya dan tentu saja warna selalu memiliki makna warna tersendiri.  Dalam desain, pemilihan warna merupakan hal yang sangat fundamental selain bentuk dan juga fungsi dari desain tersebut.

Warna dapat menentukan makna desain yang kita buat dan menghasilkan kesan yang kuat tanpa kita harus menjelaskan secara detail. Sebagai seorang pengusaha atau desainer, memahami ilmu pengetahuan dan seni tentang makna warna dapat membantu kalian menciptakan desain yang lebih efektif dan mudah diingat.

makna warna

Warna dapat mewakili percakapan dari hati ke hati baik antara pembuat dan pengguna sehingga dapat menjernihkan hati dan menciptakan rasa kesan yang dalam. Yuk kita simak makna warna yang dapat membantu kalian untuk memilih warna yang tepat dalam desain!

Darimana Makna Warna Dapat Diketahui?

Makna warna dapat diketahui melalui berbagai faktor termasuk budaya, psikologi, asosiasi pribadi dan pengalaman kolektif. Beberapa cara untuk memahami makna warna adalah:

Budaya

Warna sering memiliki makna simbolis yang berbeda di berbagai budaya. Misalnya warna merah bisa melambangkan cinta dan semangat di satu budaya, tetapi bisa melambangkan bahaya di budaya lain.

Psikologi Warna

Psikologi warna mempelajari bagaimana warna mempengaruhi emosi dan perilaku manusia. Contohnya warna biru sering dikaitkan dengan ketenangan dan kepercayaan diri, sementara merah sering dikaitkan dengan semangat dan gairah.

Asosiasi Pribadi

Setiap manusia memiliki makna pribadi mengenai warna sesuai dengan pengalaman hidup yang selama ini dijalani. Suatu warna tertentu bisa mengingatkan kenangan atau penanda perasaan bagi seseorang.

Konteks

Makna warna juga dapat bergantung pada konteks di mana warna itu muncul. Sebagai contoh warna putih bisa melambangkan kesucian dalam sebuah pernikahan tetapi di tempat lain bisa melambangkan kematian.

Sejarah dan Tradisi

Makna warna juga bisa berasal dari sejarah dan tradisi masyarakat tertentu. Misalnya warna-warna tertentu mungkin digunakan dalam upacara keagamaan atau festival budaya dengan makna khusus.

makna warna

Kemiripan Alam

Beberapa makna warna dapat berkaitan dengan hubungan manusia dengan alam. Warna-warna tertentu mungkin dikaitkan dengan musim tertentu atau fenomena alam lainnya.

Makna warna bisa sangat berbeda karena dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor. Jika kalian membuat desain atau memilih warna untuk suatu tujuan baik untuk tujuan personal atau untuk memenuhi pesanan pelanggan, penting untuk mempertimbangkan konteks dan kepada siapa desain tersebut ditujukan.

Secara umum warna juga memiliki makna tersendiri terlepas dari pengaruh dari hal yang telah disebutkan diatas. Berikut adalah makna warna secara umum.

Merah

Merah adalah warna hangat yang sering dikaitkan dengan gairah, cinta, kemarahan dan emosi yang tinggi. Sangat mudah untuk melihat alasannya: darah berwarna merah dan ketika kita emosi, rona merah itu sering terlihat dari kulit kita. Merah juga dapat menandakan suatu hal yang berbahaya.

Di suatu budaya Asia warna ini diartikan dengan keberuntungan. Merah dapat menggambarkan buah ceri atau apel yang matang dan penuh nutrisi atau api dengan segala kekuatannya yang merusak.

Orange

Oranye memiliki beberapa arti yang mirip dengan warna merah: energi, keberanian dan kecerahan. Tetapi warna ini tidak memiliki terkesan berbahaya seperti warna merah. Oranye terasa lebih aman dan itulah sebabnya warna ini menjadi warna yang populer untuk peralatan keselamatan.

Oranye juga dapat terasa seperti semangat muda sehingga menjadi warna yang populer untuk merek yang menarik bagi anak-anak. Warna ini merupakan pilihan yang tepat untuk semua merek yang ingin memancarkan energi atau intensitas.

Ketika warna oranye diredam, warna ini bisa terasa seperti musim gugur yang membuatnya sempurna untuk merek apa pun yang condong ke palet warna yang bersahaja.

Kuning

Warna yang terlihat pada matahari, wajah yang tersenyum dan bunga matahari. Kuning adalah warna yang ceria dan muda juga melambangkan harapan dan hal-hal yang positif. Warna ini juga bisa digunakan untuk menandakan kehati-hatian seperti warna merah dan oranye. Sebagai warna yang hangat, kuning juga bisa terasa ceria dan cerah.

Kuning memiliki makna budaya yang berbeda di seluruh dunia. Kuning menjadi warna berkabung di timur tengah dan amerika latin. Sementara di Afrika, warna ini adalah warna kekayaan. Dalam budaya barat, warna ini adalah warna kegembiraan, kemudaan dan kesenangan.

Hijau

Kebanyakan ketika kalian melihat warna hijau, kalian pasti berpikir tentang tanaman dan hasil bumi. Mengerucut lagi, mereka memikirkan tanaman dan hasil bumi yang sehat, seperti tanaman merambat yang memanjat pagar atau smoothie hijau yang menyehatkan untuk memulai hari.

Di beberapa budaya, warna hijau melambangkan kehidupan baru dan vitalitas yang juga melambangkan kemudaan dan kesuburan. Di Timur Tengah hijau juga dimaknai dengan kekayaan dan kesuburan serta menyangkut dengan agama Islam.

Warna hijau juga dapat digunakan untuk mengkomunikasikan keadaan aman dan mudah diakses. Pada dasarnya memanfaatkan bagaimana lampu lalu lintas telah melatih kita untuk memaknai warna hijau dengan izin untuk bergerak maju.

Hijau juga dapat merepresentasikan kekayaan, kemakmuran dan stabilitas, seperti yang kalian lihat pada merek-merek keuangan yang menggunakan warna ini.

Biru

Biru terkesan tenang dan sejuk. Bayangkan langit tengah hari yang luas atau danau biru yang tenang. Ketika kebanyakan orang berpikir tentang warna-warna yang sejuk, biru adalah warna yang biasanya pertama kali terlintas dalam benak.

Biru juga memiliki makna spiritual dalam berbagai budaya di seluruh dunia. Di India warna ini diasosiasikan dengan Krishna. Dan di Timur Tengah biru diasosiasikan dengan surga.

Ungu

Ungu memiliki banyak arti. Dapat berarti misterius atau ajaib. Bisa jadi menyenangkan, tetapi juga bisa menjadi penghormatan. Di seluruh dunia ungu telah menjadi warna kerajaan dan pendeta selama berabad-abad. Kalian bisa memanfaatkan makna ini dengan menggunakan warna ungu dalam desain kalian. Warna ungu terasa kaya. Warna ini canggih tetapi dengan cara yang lebih menakjubkan dan maksimalis.

Pink

Warna merah muda adalah warna yang terasa lebih lembut daripada merah. Tidak agresif dan berbahaya seperti warna merah. Warna merah muda panas bisa terasa funky dan futuristik. Warna ini tidak terlalu serius dan warna yang menyenangkan.

Jika desain kalian ditujukan untuk kaula muda dan kasual, warna ini sangat cocok. Warna ini juga merupakan pilihan alami untuk merek permen, toko roti dan siapa pun yang menawarkan sesuatu yang manis. Rasa manis itu juga meluas ke keromantisan.

Coklat

Coklat adalah warna alami yang identik dengan bumi dan melambangkan dukungan serta kestabilan. Mengingat hubungannya dengan bumi dan alam, warna cokelat mengingatkan kita pada pertanian dan perkebunan serta aktivitas di luar ruangan lainnya. Rasanya sangat bersahaja dan alami.

Ini adalah warna yang hangat, bersahabat, praktis dan dapat diandalkan juga dapat mewakili kesan kuno dan mapan bahkan terkadang kasar, itulah sebabnya mengapa merek-merek yang mapan, dapat diandalkan dan kasar menggunakan warna cokelat dalam desain mereka.

Putih

Warna putih selalu dimaknai dengan kekosongan, suci, sesuatu yang baru dan penuh potensi. Warna ini bisa sangat sederhana, bersih dan modern. Warna ini juga merupakan warna yang paling netral dari semuanya dan dapat menjadi sangat tidak deskriptif sebagai dasar untuk warna lain yang lebih menarik.

Hitam

Warna hitam umumnya dimaknai dengan kekuatan, eksklusivitas dan keanggunan. Warna ini kuat, berani dan misterius yang membuatnya menjadi favorit bagi merek-merek modern.

Hitam adalah warna dengan makna yang terkesan mewah sehingga biasanya menjadi warna yang paling banyak digunakan untuk merek kelas atas. Biasanya dipadukan dengan warna metalik agar nampak mahal.

Abu-Abu

Warna abu-abu adalah warna yang berada antara hitam dan putih. Biasanya digunakan untuk memberikan suatu bayangan. Warna ini aman dan cukup tenang, serius dan pendiam. Bukan berarti warna ini “membosankan”, abu-abu bisa terasa aman, sederhana dan formal.

Emas, Silver dan Warna Metalik Lainnya

Metalik adalah kategori warna lain yang sering digunakan oleh para desainer untuk mengkomunikasikan nilai dan memancing emosional.

Warna metalik berbeda dengan warna lainnya. Mereka tidak berada di roda warna namun kita melihatnya sebagai nuansa yang berbeda. Ada perbedaan yang jelas antara emas dan kuning meskipun koin emas dan benda-benda lain terkadang digambarkan sebagai warna kuning. Perbedaan yang jelas itu adalah kilauannya. Kilauan kecil itulah yang membuat onomatope “bling bling” dalam kartun.

Kesimpulan

Warna memiliki makna yang luas dan bervariasi tergantung pada budaya, psikologi, dan konteksnya. Merah melambangkan semangat dan cinta, biru memberi kesan ketenangan, kuning menunjukkan keceriaan dan positivitas, hijau berhubungan dengan alam dan pertumbuhan, ungu memiliki aura misterius, dan hitam sering dikaitkan dengan eksklusivitas. Setiap warna memiliki pesan emosional dan simbolik, dan pemahaman ini penting dalam desain dan komunikasi visual.

Bagaimana dengan informasi diatas? Menarik bukan? Ikuti WEBAPP untuk terus dapatkan update artikel menarik mengenai pengembangan aplikasi dan juga web! Klik https://appkey.id/ agar tak ketinggalan seluruh artikel terbaru dan menarik mengenai teknologi serta pengembangan aplikasi setiap hari! Sampai jumpa lagi


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

https://www.komputer.co.id/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *